Nasional

Lapas Kerobokan Komitmen Berikan Pembinaan Kepribadian Bagi WBP

Tatag Gianyar
Minggu, 06 Oktober 2024, Oktober 06, 2024 WIB Last Updated 2024-10-06T10:12:34Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


DENPASAR – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Kanwil Kemenkumham Bali kembali melaksanakan salah satu kegiatan pembinaan kepribadian dibidang keagamaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pembinaan yang diberikan berupa pelaksanaan kebaktian Ibadah Minggu bagi warga binaan beragama Nasrani, bertempat di Gereja Immanuel Lapas Kerobokan. 


Kegiatan yang berlangsung setiap minggu ini bertujuan memberikan dukungan moral guna memperkuat keimanan para warga binaan selama menjalani masa pidana.


Kegiatan kebaktian dipimpin oleh Pembawa Firman : Ps. Paul Tan dari Crossroad Prison Ministry GKKI Yesus Baik. Kegiatan diikuti sebanyak 107 warga binaan dengan pendampingan dari staf Bimkemaswat, dibantu petugas dari Regu Pengamanan. Acara diawali dengan Doa Pembuka, menyanyikan Kidung Puji-pujian, penampilan kesaksian dari warga binaan, serta dilanjutkan dengan penyampaian Firman Tuhan yang terambil dalam 1 Korintus 3 : 6, Yohanes 3 : 3 - 5, Matius 6 : 24, Yehezkiel 36 : 25 - 27, Ulangan 8 : 16 - 18, Matius 28 : 19 - 20  yang menjelaskan tentang _"Sustainable Recovery "_, dilanjutkan dengan kesaksian dari perwakilan rohaniawan, penyerahan sertifikat dari bible study crossroad dan pelayanan baptisan. Dilanjutkan dengan doa syafaat dan persembahan, serta diakhiri dengan doa penutup dan berkat.


Kalapas Kerobokan, RM. Kristyo Nugroho menjelaskan bahwa kegiatan Ibadah Minggu dilaksanakan secara rutin bertujuan untuk mempererat tali kasih persaudaraan antar sesama, juga wujud pembinaan kepribadian bagi warga binaan, khususnya yang beragama Nasrani. "Ini merupakan wujud program pembinaan kepribadian yang diberikan Lapas Kerobokan, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan para warga binaan khususnya yang beragama Nasrani”, jelas Kristyo.


Secara terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Bali, Pramella Y. Pasaribu mengapresiasi pelaksanaan pembinaan kepribadian bagi warga binaan beragama Nasrani yang telah berjalan dengan baik di Lapas Kerobokan. 


“Pembinaan yang dilakukan secara rutin setiap hari Minggu ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam memotivasi warga binaan untuk kembali ke jalan yang benar dan menjalani proses Pemasyarakatan dengan penuh tanggung jawab”, ujar Kakanwil.


Lapas Kerobokan akan senantiasa komitmen dalam menyelenggarakan program pembinaan kepribadian bagi warga binaan, dengan tetap menjaga kondusifitas didalam Lapas. (*)

Komentar

Tampilkan