Nasional

Tanamkan Cinta Tanah Air Pada Generasi Muda Sejak Dini, Dandim Tabanan Hadir Dalam Acara Perkemahan Pramuka SWK

Admin Bali
Sabtu, 09 September 2023, September 09, 2023 WIB Last Updated 2023-09-09T12:57:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


TABANAN - Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., yang di wakili Kepala Staf Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, turut menghadiri upacara pembukaan Perkemahan Pramuka SWK (Saka Wira Kartika) Terpusat Tingkat Kodam IX/Udayana TA 2023, Sabtu (9/9/2023).


Acara yang digelar di halaman tengah TPB Margarana Banjar Kelaci Desa Marga Dauh Puri Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan itu dibuka oleh Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono yang mewakili Pangdam IX/Udayana dengan tema "Membnagun Binter yang Adaftif Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Guna Membentuk Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan dan Memiliki Semangat Bela Negara".


Dalam sambutanya Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono mengatakan, Pramuka merupakan salah satu wadah dari pembinaan terhadap generasi muda, dan melalui kegiatan kepramukaan dengan tujuan membentuk generasi muda yang berdedikasi tinggi, disiplin, terampil dan cinta tanah air. 


Pembinaan generasi muda dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran Bela Negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat. 


Dilokasi acara saat dikonfirmasi Kasdim Tabanan Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara mengatakan, kegiatan Pramuka ini selain untuk pembinaan disiplin, pramuka juga bertujuan untuk dapat melatih kemampuan berorganisasi dengan aktif dan positif oleh generasi muda kita, Ujarnya


"Selain itu Kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan sosial kemasyarakatan dan bela Negara sebagai kader generasi penerus Bangsa sehingga harus menjadi contoh dan teladan bagi rekan - rekan sesama generasi muda, agar senantiasa memiliki semangat dan kemampuan bela Negara yang dijiwai oleh nilai dan semangat wawasan kebangsaan" Imbuhnya.


Lebih lanjut kasdim juga mambahkan sebagai generasi muda kita harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil, berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani serta memiliki jiwa korsa yang tinggi. Tegasnya


 "Melalui kegiatan ini, marilah kita bangkitkan kembali semangat perjuangan para pahlawan bangsa yang telah mengorbankan segalanya dimedan perang untuk merebut kemerdekaan dan dimasa sekarang tugas kita sebagai generasi muda penerus bangsa dan seluruh anggota Pramuka memiliki kewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan bermanfaat". Pungkasnya (*)

Komentar

Tampilkan